You are here: Home

Pembangunan Bendungan Untuk Mengatasi Kekeringan

Written by  Published in Berita Pembangunan Nasional Monday, 26 August 2013 07:48
Rate this item
(0 votes)

Ketersediaan air bersih di Jawa dan Bali terus menyusut. Hal tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor diantaranya terus bertambanyanya kebutuhan air akibat bertambahnya jumlah penduduk dan musim kemarau yang panjang.

Untuk mengatasi terjadinya krisis air akibat kemarau panjang tersebut, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, kementerian Pekerjaan Umum, Hartanto menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan air dengan seefesien mungkin.
Hal tersebut disampaikannya saat menjadi nara sumber pada acara Berita Satu di First Media TV (7/8). Hartanto menambahkan bahwa untuk daerah-daerah yang tidak memiliki waduk, masyarakat hanya dapat memanfaatkan sisa-sisa air yang ada.

“Jika masih bisa dipompa pemerintah akan membantu dengan memberikan pompa,” lanjut Hartanto

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengelolaan Air dan Irigasi, Kementerian Pertanian, Prasetyo Nuchin mengatakan bahwa di Indonesia hanya ada sekitar 11 persen lahan pertanian yang sistem irigasinya dijamin oleh bendungan sementara sisanya hanya mengandalkan dari tadah hujan. Dari pantauan Kementerian Pertanian, di daerah Jawa Barat terdapat sekitar 18.000 Ha lahan pertanian terkena dampak kekeringan dan sekitar 111 Ha mengalami gagal panen. Namun untuk daerah Bekasi sampai Indramayu bagian barat kebutuhan air masih aman karena masih mendapat pasokan air dari Bendungan Jatiluhur.

Sementara itu, Hartanto menjelaskan bahwa untuk mengatasi kemarau panjang Kementerian PU melalui Ditjen Sumber Daya Air bekerja sama dengan BPPT dan BMKG menyemai awan untuk membuat hujan buatan. Namun, upaya tersebut belum optimal menambah pasokan air untuk mengisi Bendungan Jatiluhur, Waduk Cirata dan Waduk Saguling. Dari 200ribu m3 yang diharapkan, hanya sekitar 50 persen saja yang mampu dihasilkan dari hujan buatan tersebut.

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan menjelaskan bahwa kebijakan jangka panjang Kementerian PU untuk mengatasi kekeringan antara lain dengan membangun bendungan-bendungan. Saat ini terdapat kurang lebih 10 bendungan yang sedang dibangun diantaranya Bendungan Jatigede di Jawa Barat, Bendungan Pandan Duri di NTB, Bendungan Rajui di Aceh dan sebagainya. 
Harapannya dengan pembangunan bendungan-bendungan tersebut air dapat dikendalikan sehingga dapat dimanfaatkan pada saat dibutuhkan. (ens)

Read 4874 times
abi

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Latest from abi

E-rekomtek

http://bwssum1.info/rekomtek/

Member Online

We have 155 guests and no members online

PENGUNJUNG

Hari Ini43
Kemarin81
Minggu Ini205
Bulanan2186
Semua73897

DIKELOLA OLEH

Unit Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA)
Balai Wilayah Sungai Sumatera I.

Jl. Ir. H.M. Thaher No.14 Lueng Bata Banda Aceh 23247
- Telp: (0651) 637977

- Fax : (0651) 21118
- E-Mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

- E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

-