You are here: HomeBeritaBalaiMajukan Bidang Pertanian dengan Penggunaan Irigasi yang Maksimal

Majukan Bidang Pertanian dengan Penggunaan Irigasi yang Maksimal

Written by  Published in Berita Balai Thursday, 16 August 2018 16:46
Rate this item
(0 votes)

Banda Aceh - Satker Operasional dan Pemeliharaan (OP) Balai Wilayah Sungai Sumatera I mengadakan sosialisasi kondisi dan status Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) di Daerah Irigasi Kewenangan Pemerintah Pusat. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Grand Nanggroe, Lueng Bata pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2018. Jumlah peserta sebanyak 57 orang, berasal dari berbagai lembaga dan organisasi terkait. Acara tersebut dilaksanakan agar semua pihak memahami bahwa pengelolaan irigasi merupakan satu kesatuan sistem dari jaringan utama sampai jaringan tersier yang didukung oleh P3A, GP3A, IP3A, petugas pengelola irigasi dan komisi irigasi yang handal guna mewujudkan tata kelola irigasi yang efisien, efektif, dan berkelanjutan. Narasumber yang hadir adalah perwakilan dari Kementerian PUPR, Bapak Bekti Sudarmanto, Bapak Hardi Priyono dan Bapak Nico Darismanto.

Beberapa materi yang dibahas pada sosialisasi tersebut antara lains tentang pengelolaan irigasi partisipatif, operasi pemeliharaan jaringan irigasi tersier, budidaya pertanian hemat air irigasi, kelembagaan P3A dan hubungannya dengan lembaga terkait, Petunjuk Teknis (JUKNIS) PTGA,pPemberdayaan P3A, Penyiapan Profil Sosial Ekonomi Teknis Kelembagaan (PTSEK), serta Teknologi Tepat Guna (TTG) bidang irigasi. Seluruh materi tersebut dikemas dalam dua hari pertemuan dengan teknik penyampaian yang sangat baik. Banyak pertanyaan dan saran disampaikan oleh peserta-peserta pada sesi diskusi panel.

Pengelolaan irigasi yang baik membutuhkan data kebutuhan air dan rencana tata tanam yang benar. Rencana tata tanam suatu daerah irigasi adalah suatu daftar perhitungan atau grafik yang menggambarkan tentang rencana luas tanam, waktu mulai menanam dan waktu pengeringan saluran. Pelaksanaan pembagian dan pemberian air diperhitungkan dari hulu ke hilir. Ulu-ulu/Petugas teknik P3A bertugas untuk membuat rencana dan mengusulkan kebutuhan air irigasi seluruh sawah di wilayah kerjanya, menerima pemberian air irigasi dari petugas pengairan (PPA) melalui pintu sadap tersier setelah dilakukan perhitungan pembagian/pemberian air dari bendung, membagi dan mengawasi penyaluran air ke setiap saluran sub tersier sesuai dengan jadwal pemberian air irigasi dan pola tanam. Selanjutnya agar jaringan irigasi selalu dapat berfungsi dengan baik dilakukan pemeliharaan jaringan irigasi. Jenis pemeliharaan jaringan irigasi meliputi pengamanan jaringan irigasi, pemeliharaan rutin, berkala dan darurat.

Read 350 times
Surya

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengelompokkan Anggota TKPSDA

Penerimaan Anggota TKPSDA WS ALAS SINGKIL
 
 

LPSE Kementerian PUPR

LPSE PUPR
 
 

E-rekomtek

http://bwssum1.info/rekomtek/

Buletin SISDA

Majalah Sisda Edisi Tahun 2015

Kondisi Muka Air

Monitoring Kondisi Muka Air Waduk

Komentar Berita

Video Profil Ditjen SDA

Tags Berita

qr sisda

Unduh Aplikasi Android SISDA BWSS1 http://goo.gl/570VpE

Member Online

We have 163 guests and no members online

PENGUNJUNG

Hari Ini126
Kemarin116
Minggu Ini997
Bulanan2895
Semua92399

DIKELOLA OLEH

Unit Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA)
Balai Wilayah Sungai Sumatera I.

Jl. Ir. H.M. Thaher No.14 Lueng Bata Banda Aceh 23247
- Telp: (0651) 637977

- Fax : (0651) 21118
- E-Mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

- E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

-