You are here: HomeBeritaArtikel UmumManfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Written by  Published in Artikel Umum Monday, 01 July 2013 15:37
Rate this item
(0 votes)

Buah mengkudu (Marinda citrifolia, Linn) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Rubiaceae. Menurut beberapa sumber mengkudu merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari Asia tenggara. tanaman mengkudu mampu tumbuh didataran rendah hingga ketinggian mencapai 1500 m dari permukaan laut, batang pohon mengkudu dapat mencapai 3-8 meter, memiliki bunga berbongol dan berwarna putih, buah mengkudu merupakan buah majemuk yang masih muda berwarna hijau mengkilap serta memiliki bintik-bintik atau totol-totol, dan saat sudah tua berwarna putih dan berbintik bintik hitam. - See more at: http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/10/khasiat-buah-mengkudu.html#sthash.D3XgmK8r.dpuf


Buah mengudu bisa dibilang sebagai makanan dengan gizi yang lengkap. Buah ini memiliki hampir semua kandungan nutrisi pokok yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein, serta karbohidrat. Beberapa jenis senyawa kimia penting juga terkandung dalam buah ini seperti terpenoid, selenium, xeronine, scolopetin, serta beberapa senyawa kimia lain.


 Berikut adalah beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan
    Buah mengkudu mengandung senyawa kimia selenium yang merupakan salah satu mineral penting sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh. Zat antioksidan sendiri berfungsi untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat merusak tubuh sehingga daya tahan tubuh juga akan semakin kuat.
  2. Buah Antibakteri
    Kandungan senyawa-senyawa aktif seperti scolopetin dan antraquinon dalam mengkudu memiliki kemampuan sebagai zat antibakteri yang dapat mencegah infeksi kuman dalam tubuh. Senyawa scolopetin juga terbukti dapat mencegah peradangan serta reaksi alergi yang berlebihan pada tubuh.
  3. Mempercepat Regenerasi Sel Tubuh
    Senyawa terpenoid dan xeronine memiliki kemampuan untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif dan membantu proses sintesis protein untuk membantu mengganti sel-sel tubuh yang sudah mati (regenerasi).
  4. Mencegah dan Mengobati Kanker
    Buah mengkudu mengandung berbagai zat anti kanker yang berfungsi untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh.
  5. Penghilang Rasa Nyeri
    Kandungan zat-zat analgesik dalam buah mengkudu ternyata dapat berfungsi untuk mengatasi nyeri sendi. Selain itu, daun mengkudu juga sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai kompres untuk meredakan sakit kepala.
  6. Menyehatkan Pencernaan
    Beberapa masalah kesehatan pada organ-organ pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, dan radang lambung ternyata dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah mengkudu.
  7.  
 
  • Mencegah Penyakit Jantung
    Mengkonsumsi buah mengkudu ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah ini mengandung zat fitonutrien yang memiliki kemampuan untuk melebarkan dan membersihkan dinding pembuluh darah, sehingga kerja jantung saat memompa darah menjadi lebih ringan dan resiko gagal jantung dapat diminimalisir.
  • Mencegah Darah Tinggi
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buah mengkudu memiliki fungsi untuk memperlebar dinding nadi sehingga kerja jantung tidak berat dan tekanan darah pun juga akan normal.
  • Meredakan Batuk dan Flu
    Beberapa orang sering memanfaatkan air sari buah mengkudu untuk mengobati penyakit batuk dan flu. Caranya adalah dengan merebus buah mengkudu hingga airnya benar-benar menddih, saring dan ambil airnya, lalu minum air rebusan buah mengkudu tersebut secara rutin.
  • Menghaluskan Kulit
    Jika anda memliki telapak kaki yang pecah-pecah atau kulit kaki yang bersisik, maka cara terbaik untuk menghaluskannya kembali adalah dengan mengolesinya dengan buah mengkudu. Caranya, tumbuk buah mengkudu secukupnya, lalu oleskan pada bagian kaki yang bersisik atau pecah-pecah, diamkan selama 15-20 menit, bersihkan kaki, lalu ulangi cara tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Read 1334 times Last modified on Tuesday, 13 August 2013 15:36

    E-rekomtek

    http://bwssum1.info/rekomtek/

    Kondisi Muka Air

    Monitoring Kondisi Muka Air Waduk

    Video Profil Ditjen SDA

    qr sisda

    Unduh Aplikasi Android SISDA BWSS1 http://goo.gl/570VpE

    Member Online

    We have 256 guests and no members online

    PENGUNJUNG

    Hari Ini128
    Kemarin116
    Minggu Ini999
    Bulanan2897
    Semua92401

    DIKELOLA OLEH

    Unit Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA)
    Balai Wilayah Sungai Sumatera I.

    Jl. Ir. H.M. Thaher No.14 Lueng Bata Banda Aceh 23247
    - Telp: (0651) 637977

    - Fax : (0651) 21118
    - E-Mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

    - E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

    -